Berapa lama waktu olahraga yang ideal untuk anak?

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sebenarnya membutuhkan olahraga agar tetap sehat. Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa anak menghabiskan setidaknya tiga sampai empat jam untuk menonton televisi. Ini bisa memberikan efek negatif pada kesehatan mereka seperti memicu obesitas.


Mengajarkan anak secara rutin berolahraga sama dengan membiasakan gaya hidup sehat yang akan sangat menguntungkan bagi anak-anak saat dewasa nanti. Olahraga bisa membuat mereka berisiko lebih kecil terkena infeksi, memiliki tulang yang lebih kuat, dan lebih berbahagia, seperti dilansir oleh She Knows (31/12).

Lantas, berapa jam seharusnya anak berolahraga setiap minggunya? Alejandro Chaban, seorang konsultan nutrisi menjelaskan bahwa anak-anak setidaknya harus berolahraga atau bergerak secara aktif selama dua jam per minggu. Dalam waktu seminggu setidaknya anak-anak harus berolahraga selama 14 jam.

Chaban juga menjelaskan bahwa anak-anak tak harus keluar rumah jika memang tak sempat. Mereka bisa melakukan olahraga di dalam rumah dengan melakukan aktivitas fisik seperti naik turun tangga dan lainnya.

Bagi anak-anak, bermain dengan aktif bersama teman atau saudara di rumah juga memiliki efek seperti olahraga. Namun tentu saja permainan yang dilakukan harus melibatkan gerakan fisik dan tak sekedar main game di depan komputer atau video game.